Fenomena Titip Absen Bagi Mahasiswa Di Indonesia, Baik Atau Buruk?

titip absen bagi mahasiswa
Loading...

Riski Firmanto

Masih dalam tahap menuju Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung

BUDAYA ‘’MAHASISWA’’ TITIP ABSEN, APA ALASANNYA?
Penulis : Chaerani Agustin, President University, Cikarang, Jababeka, Indonesia.
Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Public Relations
G-Mail : chaerani98@gmail.com

ABSTRAK

Titip Absen Bagi Mahasiswa di Indonesia, Budaya mahasiswa diperkuliahan seluruh Indonesia bahkan diluar dunia, sudah tidak asing lagi bagi mereka mahasiswa aktif dalam kegiatan perkuliahan dan atau organisasi dan sub – organisasi yang mereka ikuti. Menjadi salah satu factor diantaranya, tetapi tidak hanya itu saja, adapun mahasiswa yang malas untuk mengikuti kelas di pelajaran tertentu tetapi meminta teman sekelasnya untuk memberikan absen bahwa dirinya mengikuti pelajaran di kampusnya pada saat itu. Tujuan penulis membuat sebuah penelitian terhadap mahasiswa dan mahasiswi aktif dan ingin mengkuak apa saja alasan membuat titip absen?

Loading...

Kata Kunci: Budaya Mahasiswa, Titip Absen, Organisasi Kampus.

Apa Itu ‘’TITIP ABSEN’’?

Titip Absen adalah fenomena mahasiswa dan mahasiswi disetiap perkuliahan atau universitas, pasti dengan suatu alasan yang berbeda, adapula mahasiswa yang sangat sibuk dengan kegiatan organisasi dan sub organisasi ( seperti Klub / komunitas ) . Adapun, alasan lainnya mungkin bukan dalam hal kegiatan perkuliahan, tetapi bisa jadi dalam kegiatan luar tempat perkuliahan, mengikuti komunitas diluar area kampus, bisa menjadikan salah satu alasan yang memungkinkan izin tidak mengikuti jadwal pelajaran dikelas, tetapi apakah ada alasan lain ? penulis akan mencari tahu apa saja yang biasanya budaya titip absen terjadi.

Baca Juga:

Kontroversi Fenomena Joki Skripsi Tugas Makalah Dan Paper Bagi Mahasiswa, Ini Alasannya


Kenapa Mahasiswa Gemar Copy Paste Di Internet? Ini Alasannya

Partner Jurnal Rival (Finance Rival Indonesia)

FENOMENA MAHASISWA DAN MAHASISWI KETIKA “TITIP ABSEN’’

Fenomena titip absen bagi kalangan mahasiswa dan mahasiswi memiliki arti yang berbeda, dalam hal, suatu alasan yang dapat berbeda pendapat ketika tidak dapat hadir di salah satu jadwal kegiatan pembelajaran dikampus. Tetapi ada beberapa hal yang berdampak buruk bagi mahasiswa dan mahasiswi itu sendiri, karena dari ulah dirinya sendiri dengan membudayakan titip absen dari bukan kegiatan penting secara mendadak, atau alasan karena malas datang untuk mengikuti pembelajaran dikelas.

Loading...

Faktor Titip Absen Bagi Mahasiswa

Adapun faktor membuat beberapa kalangan universitas atau dari mahasiswa itu sendiri, yang tidak ‘’aware’’ dengan absensi setiap harinya dari mahasiswa dan mahasiswi di setiap universitas ( atau dengan kemungkinan yang lainnya), sehingga factor kemungkinan terjadinya budaya ‘’ TITIP ABSEN’’ bisa ada karena ketidak-rajin ( pengecekan absen / penyebutan nama saat absensi), membebaskan mahasiswa dan mahasiswinya menandatangani sendiri tanpa pengecekan ulang, apakah nama tersebut memang ada atau INVISIBLE PEOPLE? (tidak ada mahasiswa dan atau mahasiswi nama tersebut), tetapi ada tanda-tangan mahasiswa dan mahasiswi tersebut, biasanya, dalam fenomena ini, akan banyak terjadi dikalangan mahasiswa secara bergerombol / berkelompok.

Kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang berlangganan ‘’ Titip Absen’’ (JIKA). Sebenarnya, ‘’Apakah Tujuan Mereka untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi (Universitas) ? tetapi mengapa masih menjadikan budaya untuk ‘’TITIP ABSEN’’ untuk alasan yang tidak berbobot?’’ .

Alangkah baiknya, ketika mendapatkan halangan untuk hadir disuatu kelas atau jadwal kegiatan pembelajaran lebih baik untuk mengatakan dengan JUJUR. Tidak menggunakan system ‘’hitam’’ (kenapa penulis menyebutnya system ‘’Hitam’’? Ya, Karena kebanyakan yang penulis lihat kalangan Mahasiswa dan Mahasiswi melakukan ‘’Titip Absen’’ karena alasan lain seperti, Malas, Pergi Main dengan kawannya di Jam pelajaran). Tetapi, mereka bersekongkol dengan kawan (geng) nya untuk ‘’Titip Absen’’.

Loading...

Kenapa Muncul fenomena Titip Absen?

Memang, tidak semua mahasiswa dan mahasiswi melakukan ‘’Titip Absen’’ dengan contoh kasus diatas, adapula yang memang benar ada keadaan mendesak, atau memang kegiatan yang bersangkutan dengan kegiatan kelasnya, masih dianggap mengikuti kegiatan pembelajarannya, walaupun bukan dirinya yang memberikan tanda dalam absen. Akan banyak fenomena persis seperti ini, dengan berbagai macam. Dan juga, ‘’ Pernahkah Kalian Mahasiswa dan Mahasiswi tujuan dan mimpi utama mengikuti pendidikan lanjut ( Universitas) dan membayar SPP setiap semester bagi yang tidak menggunakan beasiswa? Apakah tidak sayang uang kalian yang dikeluarkan setiap bulannya, tetapi lebih membudayakan titip absen di suatu yang tidak penting?’’.

Jawab dengan hati nurani masing – masing saja ya, dan diantara kalian pasti dapat terpikir bahwasannya apa tujuan utama kalian untuk kuliah. Pasti ada dibeberapa benak setiap orang, kuliah untuk mengejar gelar sarjana, hanya untuk Gaya – Gaya-an dan agar terlihat keren dari yang lainnya. Adapula hanya supaya tidak dibilang pengangguran atau hanya lulusan SMA/SMK sederajat. Tetapi dibelakang itu, pasti kalian mengeluarkan dana untuk mendaftar suatu universitas kalian yang dipilih. Dengan dana sangat banyak ( bagi kuliah dengan fully funded ( Gratis) bersyukur dan jangan sia – siakan, kejar impianmu).

Dengan begitu, penulis ingin melakukan beberapa pertanyaan singkat bagi pemikiran mahasiswa dan mahasiwi yang open-minded (wawasan luas/tidak baperan (bawa perasaan). Untuk mengetahui lebih dalam, apa sajakah yang menjadikan factor ‘’Titip Absen’’ bagi kalangan mereka? Dan bagaimanakah dampak negative nya jika untuk alasan tidak berbobot, dan lain sebagainya. Penulis akan mencantumkan jawaban dari SUARA Mahasiswa dan Mahasiswi dalam kasus ini.

Pendapat Beberapa Mahasiswa Mengenai Titip Absen

Pada bagian ini, penulis mendapatkan SUARA KEREN dari Mahasiswa dan Mahasiwi secara random berdasarkan dari beberapa universitas. Dan, berikut SUARA KEREN mahasiswa dan mahasiswi, dengan daftar 6 pertanyaan yang disampaikan kepada audiens.

Jawaban dibawah ini dari suara masing – masing dari pendapat kasus ‘’ Titip Absen’’ di dunia perkuliahan.

HALO MAHASISWA dan MAHASISWI KEREN INDONESIA

1. Apakah Titip Absen itu BAIK atau TIDAK? dan kenapa ALASANNYA?
2. Apa saja kemungkinan yang dapat terjadi dalam budaya Titip Absen di Universitas?
3. Bagaimana ketika yang melakukan titip absen adalah bukan alasan penting atau mendadak ? ( seperti kegiatan kuliah / kegiatan external komunitas / organisasi)?.
4. Bagaimana menurut kalian ketika budaya titip absen selalu ada di universitas? apakah dampak yang akan terjadi?
5. Apakah penting pengecekan nama absensi oleh Dosen dikelas? untuk membubuhkan kejujuran pada Mahasiswa dan Mahasiswi di kelas?
6. Dampak terpanjang bagi melakukan titip absen ( seperti apa)? ketika dalam dunia pekerjaan?.

Mahasiswi (1) :

  1. Of course not…bohongin diri sendiri dan orang lain…
  2. Bisa saja ketahuan oleh dosen dan bisa jadi dapat punishment
  3. kalau dia mau, ijin krena ada kegiatan diluar, seharusnya sia harus minta ijin sendiri ke dosen tsb
  4. Saya kurang setuju, menurut saya kurang adil, karena bisa jadi nilai mereka bagus” saja karena hasil absent mereka yang selalu full padahal tipsen
  5. Pnting sekali..supaya tidak ada mahasiswa yang seenak jidatnya tipsen
  6. Menurut saya denga melakukan tipsen itu sama aja melakukan kebohongan…jadi pasti bakalan sulit. jujur ke dirinya sendiri ataupun orang lain…dan itu juga bisa mengakibatkan..mereka berperilaku seenaknya.

Mahasiswi (2):

  1. Tidak.. karena ada kemungkinan nanti dosennya ngecheck dan ketahuan serta itu menjadi indikasi ketidakjujuran..
  2. Ketinggalan pelajaran,, info dan jadi kebiasaan..
  3. Berarti dia emang malas dan gak peduli sama masa depannya..
  4. Gak baik sih,, dan pastinya akan menjadi kebiasaan yang buruk dan dapat membuat si yang tipsen dan yang mengtipsen kan jadi terbiasa dan tidak jujur serta mereka jadi saling bergantungan nantinya..
  5. Penting..
  6. Jadi suka ambil cuti atau gak masuk tanpa ijin dengan alasan yang dibuat” dan penilaian performanya jadi gak baik dimata atasan..

Mahasiswa (3) :

  1. Pada dasarnya tipsen itu tidak baik, hal ini mencerminkan sikap tidak jujur pada seseorang
  2. banyak mahasiswa yang tidak hadir pada perkuliahan
  3. Jika memang harus absen pada perkuliahan dikarenakan organisasi atau kegiatan kuliah , yah gunakanlah surat izin dari pihak instansi terkait jangan menghalalkan segala cara untuk titip absen.
  4. seseorang akan semena-mena dan merasa aman apabila tidak masuk jadinya mengandalkan orang lain . Dampak yang terjadi ya males dan tentunya yang datang sedikit dan menurunkan moralitas dan mentalitas seseorang
  5. Sangat penting, tujuan perkuliahan adalah melatih kejujuran dan kedisiplinan mahasiswa agar mental mereka terbentuk
  6. Ketidakjujuran dan moralitas serta mentalitas mereka rendah

Mahasiswi (4):

Titip absen baik atau tidak? Jawaban nya tidak.. apa alasan nya? Karena itu perbuatan tidak jujur.. aku sendiri kalau mau bolos ya bolos aja, gak pernah titip absen ke temen.. kalau menurut aku budaya titip absen bisa terjadi karena mahasiswa sekarang yang mau nya serba instan.. dan menurut aku titip absen itu pasti bukan untuk alasan yang penting, karena kalau kita harus tidak hadir di kelas dikarenakan keperluan organisasi biasanya ada surat dispensasi, atau kegiatan kuliah lain yang bentrok, kita bisa hubungi dosen yang bersangkutan dan meminta izin langsung kepada beliau ketimbag titip absen ke teman.. gak fair banget sih menurut aku..
Jawaban no. 5, Sangat pentingggg pengecekan absen di kelas..


Kalau budaya titip absen ini terus terjadi di dunia perkuliahan apalagi berkepanjangan sampai kepada dunia kerja, dampak nya akan kena kepada diri kita sendiri.. kita jadi tidak gampang dipercaya lagi oleh orang, dan lain sebagai nya

Memang sulit menghilangkan budaya titip absen, tapi kalau di jiwa setiap mahasiswa tertanam kejujuran, pasti sedikit demi sedikit budaya itu akan hilang dengan sendirinya

Baca Juga:

Gerakan Generasi Milennial Indonesia Dalam Memberantas Hoax


Millennial Beraksi Beri Dukungan Pemilihan Presiden 2019 Indonesia Tanpa Kerusuhan

Jurnal Rival Populer

KESIMPULAN PENULIS MENGENAI FENOMENA TITIP ABSEN BAGI MAHASISWA

Berdasarkan penulis dapatkan dari beberapa pertanyaan yang diberikan kepada audiens, dengan segmentasi mahasiswa dan mahasiswi di dunia perkuliahan , dari suara kalangan pendidik mahasiswa dan mahasiswi tidak setuju dengan adanya titip absen, tetapi untuk alasan yang tidak berbobot karena dapat mengakibatkan kebohongan pada diri sendiri, dan oranglain, mengaku ada tetapi kenyataannya tidak ada dalam kelas, dan pentingnya kepada setiap dosen untuk pengecekan absensi kelas sangat berarti dan untuk menguji kejujuran dari dalam diri setiap mahasiwa dan mahasiswi.

Bagikan Artikel Ini:

3 thoughts on “Fenomena Titip Absen Bagi Mahasiswa Di Indonesia, Baik Atau Buruk?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *