Sejarah Telepon Genggam Dan Perkembangan Handphone Di Tengah Masyarakat Indonesia, Ini Dampak Pengaruhnya

sejarah telepon genggam dari masa kemasa
Loading...

Riski Firmanto

Masih dalam tahap menuju Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung

Sejarah Telepon Genggam Dan Perkembangan Handphone Di Tengah Masyarakat Indonesia, Ini Dampak Pengaruhnya

Abstrak

Sejarah Telepon Genggam adalah tanda Tekonologi telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia, terutama dalam pemenuhan kebutuhan akan suatu informasi, hal itu yang menyebabkan muncul istilah “masyarakat informasi” di era globalisasi ini. Dengan teknologi manusia semakin dimudahkan dan dimanjakan dalam memenuhi berbagai aspek kehidupan ditandai dengan keluarnya telepon genggam atau handphone ini.

Dunia informasi saat ini seakan-akan tidak bisa terlepas dari teknologi komunikasi. Daya minat masyarakat dalam mengonsumsi teknologi ini menciptakan dunia teknologi semakin hari semakin canggih dalam perkembangannya. Komunikasi yang pada era sebelumnya atau pada saat itu hanya mengandalkan alat komunikasi yang kuno serta membutuhkan waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini dengan hadirnya teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa batasan apapun dalam jangkauan jarak dan lainnya.

Baca Juga: Analisis Media Sosial, Penggunaan Instastory Sebagai Media Curhatan Remaja Indonesia

Salah satu teknologi komunikasi yang saat ini digemari dan sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia adalah Handphone (Telepon Genggam) atau kini berkembang menjadi smartphone. Telepon Genggam atau biasa kita sebut Handphone adalah terminal telepon yang bisa dipindah-pindah (Saydam, 2003:34). Saat ini telepon genggam bukanlah suatu hal yang dianggap mewah (langka) dan aneh lagi bagi masyarakat, benda praktis ini dapat kita temukan di genggaman hampir setiap orang. Dahulu, telepon genggam hanya dimiliki oleh kalangan atas, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, telepon genggam bisa dimiliki oleh semua kalangan.

Loading...

Kegemaran masyarakat dalam menggunakan telepon genggam dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dengan fitur yang tidak kalah lengkap dan canggih. Saat ini telepon genggam tidak hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan singkat, namun juga memiliki fungsi lain seperti digunakan untuk menyimpan informasi, membuat daftar pekerjaan atau perencanaan pekerjaan, kalkulator untuk perhitungan dasar sederhana, mengirim dan menerima email, dan mencari berbagai informasi (berita, hiburan, dan informasi lain). ketergantungan masyarakat akan telepon genggam semakin memperjelas bahwa kemajuan teknologi komunikasi tidak dapat dipisahkan dari masyarakat.

Baca Juga: Bahasa Sebagai Komunikasi Yang Baik Dalam Pembentukan Karakter Remaja Indonesia

1. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat, hal tersebut menjadikan masyarakat semakin ketergantungan akan teknologi terutama teknologi komunikasi. Teknologi sendiri diartikan sebagai aktivitas budaya yang khas ketika manusia membentuk dan mengubah realitas alami demi tujuan-tujuan praktis (Johannesen (1996)).

Kejayaan teknologi tentu saja bukan hal yang instan, teknologi telah mengalami berbagai perkembangan yang membutuhkan waktu yang lama untuk dapat eksis seperti saat ini, tidak sedikit para ilmuan yang berfikir keras dalam mengembangkan teknologi. Teknologi komunikasi yang pada awal mulanya menggunakan kabel sebagai media penghubung, terus mengalami perubahan sehingga trend teknologi semakin kearah teknologi wireless (tanpa kabel) . terdapat beberapa fase perkembangan teknologi komunikasi, antara lain:

Loading...

A. Masa prasejarah

Pada masa prasejarah manusia telah menggunakan berbagai bentuk teknologi komunikasi meskipun masih sangat sederhana, seperti gambar yang ada di dinding-dinding gua yang dibuat untuk mencertitakan pengalaman kegiatan berburu mereka. Selain itu mereka juga menggunakan isyarat untuk berkomunikasi dengan sesama, meskipun sudah ada karakter huruf yang digunakan seperti piktograf dan hierogliph.

B. Masa sejarah

Perkembangan teknologi komunikasi pada masa sejarah diawali dengan penemuan kertas oleh bangsa Cina, kertas yang awal mulanya dibuat dari serat bambu menjadi cikal bakal perkembangan pembuatan kertas hingga saat ini. Dengan kemunculan atau kelahiran paper (kertas), hadir teknologi percetakan yang menggunakan balok kayu serta dilumuri tinta dan dicapkan pada kertas atau paper yang tersedia.

C. Masa Modern atau Zaman Sekarang

Di masa modern tekologi komunikasi mengalami perubahan yang pesat, banyak ditemukan teknologi-teknologi baru yang sangat dibutuhkan pada masanya, seperti mesin cetak, telegraf, pesawat telepon, televisi tabung, komputer digital, hingga smartphone yang sangat trend dikalangan masyarakat. Perkembangan teknologi komunikasi di masa modern tentunya membutuhkan waktu yang lama, dari tahun 1455 sejak pertama kali ditemukannya mesin cetak hingga saat ini. kemajuan teknologi komunikasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena seyogyanya teknologi dibuat untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya dalam berbagai aspek, tidak heran jika tidak sedikit manusia yang mendewakan teknologi didalam hidupnya, perkembangan teknologi komunikasi yang kian pesat membuat manusia menjadi masyarakat informasi.

Loading...

2. Perkembangan Handphone / Telepon Genggam

Saat ini telepon genggam merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan dan sangat digemari oleh masyarakat. Telepon genggam bukan lagi menjadi barang yang mewah, karena dengan harga yang terjangkau masyarakat dapat menikmati segala kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan oleh telepon genggam, selain itu bentuknya yang kecil membuat telepon genggam menjadi praktis untuk dibawa kemana-mana, sehingga tidak heran jika kita selalu melihat orang-orang yang membawa handphone di genggamannya.

Menurut Seorang ahli yakni Gouzali Saydam (2005), istilah telepon pada awalnya merupakan suara dari jarak jauh. Selain itu keberadaan telepon itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu telepon biasa (fix telephone) dan telepon bergerak. Telepon genggam merupakan telepon yang termasuk dalam sambungan telepon bergerak, dimana yang menghubungkan antar sesama ponsel tersebut adalah gelombang-gelombang radio yang dilewatkan dari pesawat ke BTS (Base Tranceiver Station) dan MSC (Mobile Switching center) yang bertebaran di sepanjang jalur perhubungan kemudian diteruskan ke pesawat yang dipanggil (Gouzali Saydam, 2005).

Baca Juga: Inilah Dampak Instagram Bagi Anak Pelajar Mahasiswa, Setuju?

Telepon genggam yang pada mulanya hanya digunakan untuk mengirim pesan singkat dan menelpon saat ini sudah memiliki fungsi lain yang lebih beragam seperti digunakan untuk menyimpan informasi, membuat daftar pekerjaan atau perencanaan pekerjaan, kalkulator untuk perhitungan dasar sederhana, mengirim dan menerima email, dan mencari berbagai informasi (berita, hiburan, dan informasi lain). Sejak pertama kali ditemukan telepon genggam mendapatkan reaksi yang beragam dari masyarakat.

Awal mulanya telepon genggam berukuran besar dengan fitur yang biasa-biasa saja, selain itu harganya yang mahal membuat telepon genggam kurang digemari oleh masyarakat pada masa itu, hanya kalangan tertentu saja yang mampu membeli telepon genggam, selain harganya yang mahal jaringan nya pun belum memadai, hanya tempat-tempat tertentu saja yang bisa digunakan untuk mengakses telepon genggam. Namun seiring perkembangan zaman, telepon genggam mengalami perubahan yang pesat hingga seperti saat ini.

3. Fasilitas Telepon Genggam (Fitur Handphone)

Kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan telepon genggam membuat telepon genggam semakin eksis dikalangan masyrakat. Disamping berfungsi sebagai alat komunikasi yang personal, telepon genggam juga berpotensi sebagai sarana bisnis yang efektif. Telepon genggam sangat bervariasi tergantung pada modelnya, yang seiring dengan perkembangan teknologi mempunyai fungsi-fungsi antara lain:

  1. Penyimpanan informasi, informasi apapun yang dibutuhkan masyarakat dapat secara langsung disimpan oleh telepon genggam, mulai dari berita, hiburan, data, dan lain sebagainya.
  2. Pembuat daftar pekerjaan atau perencanaan kerja, dengan telepon genggam kita juga dapat membuat daftar pekerjaan atau perencanaan kerja, hal tersebut dapat lebih memudahkan, karena pada umumnya setiap orang membawa telepon genggam dimanapun dan kapanpun mereka berada
  3. Reminder (pengingat waktu) atau appointment, untuk hal-hal yang penting tentunya kita harus selalu tepat waktu dalam mengerjakannya, terlebih lagi jika ada pertemuan penting dengan rekan kerja ataupun yang lainnya, dengan telepon genggam kita bisa membuat sebuah pengingat waktu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
  4. Alat perhitungan (kalkulator), terkadang kita menemui kesulitan dalam menghitung sesuatu, seperti uang ataupun hal hal lainnya, kita menggunakan kalkulator untuk mengatasi itu semua
  5. Pengiriman atau penerimaan e-mail, data-data penting yang berupa gambar, teks, audio, maupun video akan lebih mudah jika dikirim melalui e-mail, meskipun sudah banyak aplikasi lain yang menawarkan hal yang sama.
  6. Permainan (games), terkadang seseorang mengalami kepenatan ketika beraktivitas, games bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Dahulu jika seseorang ingin bermain game harus menggunakan psp ataupun sejenisnya, namun saat ini sudah banyak games yang tidak kalah serunya bisa diakses melalui telepon genggam
  7. Integrasi ke peralatan lain seperti PDA, MP3, telepon genggam juga bisa digunakan untuk mengintegrasikan ke peralatan lain seperti PDA dan MP3
  8. Chatting dan Browsing internet, chatting dan browsing menjadi fungsi utama didalam sebuah telepon genggam. Chatting dan browsing pun dapat dilakukan melalui berbagai macam aplikasi seperti uc browser, chroome, line, whatsapp, dan lain sebagainya.
  9. Video dan foto, dengan telepon genggam kita bisa mengambil gambar ataupun video dimanapun kita berada, hasil yang didapatkan pun tidak kalah dengan kamera yang khusus dipeuntukkan untuk mengambil gambar dan video
  10. Pertukaran data, jika dahulu telepon genggam menggunakan inframerah untuk saling bertukar data, saat ini sudah ada fitur baru yang lebih memudahkan penggunanya, seperti bluetooth dan SHAREit.

4. Dampak Telepon Genggam Bagi Pelajar Atau Pengguna Handphone Lainnya

Penggunaan telepon genggam dapat membawa dampak-dampak tertentu. Dampak yang ditimbulkan dari telepon genggam sebenarnya tergantung dari bagaimana si penggunanya memanfaatkan kecanggihan teknologi, mungkin dampak yang berikut ini adalah dampak penggunaan telepon genggam yang dilihat dari aspek psikoligis dan aspek sosial

1. Aspek Psikologis

Banyaknya pesan melalui SMS ataupun media sosial yang berisi ajakan-ajakan bersifat rasisme dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Contohnya yang marak adalah pesan yang berisi ajakan organisasi-organisasi tertentu yang bertentangan dengan nilai-nilai sosial yang ada, misalnya ISIS. Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi, didalam handphone atau telephone genggam ini terdapat peredaran pesan gambar, teks , maupun video yang bisa kita sebutkan cenderung pornografi dan tindakan terlarang lainnya. Mudahnya askes keluar-masuk pesan tersebut melalui telepon genggam membawa dampak negatif, terutama untuk generasi muda sekarang ini.

2. Aspek Sosial

Dengan adanya telepon genggam seseorang dapat menghubungi siapaun, kapanpun, dan dimanapun mereka berada, hal tersebut tentu saja mengurangi intensitas tatap muka penggunanya. Padahal dengan komunikasi tidak langsung sering terjadi kesalahpahaman dalam pemaknaan pesan dan juga feedback yang didapatkan tidak secara langsung dapat terlihat seperti pada komunikasi tatap muka (face to face). Dampak lain yang lebih memprihatinkan adalah masyarakat semakin menjadi tidak acuh kepada orang-orang yang ada disekitarnya.sering kali kita melihat teman-teman yang sedang berkumpul disuatu tempat namun asik dengan telepon genggamnya sendiri-sendiri. Sehingga muncul kalimat bahwa teknologi itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi komunikasi telah membawa perubahan besar didalam kehidupan masyarakat. Seluruh teknologi komunikasi sudah menjangkau panca indera manusia seperti sentuhan, penciuman, rasa, pendengaran, dan penglihatan. Bahkan teknologi komunikasi dapat membawa seseorang individu melintasi batas ruang dan waktu serta mendapatkan informasi yang tidak didapat sebelumnya (Mc. Luhan, 1956).

Manusia telah menjadikan teknologi komunikasi sebagai “a window to the world” dan dapat mengetahui kejadian-kejadian yang jauh jaraknya tanpa hadir langsung di lokasi kejadian. Seharusnya perkembangan teknologi komunikasi juga diiringi dengan perkembangan pola fikir manusia. Hal tersebut diperlukan karena saat ini banyak masyarakat yang menyalahgunakan kecangggihan teknologi untuk hal-hal yang negatif, bahkan cenderung ekstrem.

Baca Juga: Pengertian Privasi Dan Konfidentialitas Dalam Etika Komunikasi dan Kepentingan Umum

Terutama pada pemanfaatan telepon genggam yang hampir dimiliki oleh semua masyarakat. Pengawasan dan tingkat pengetahuan yang kurang menjadi salah satu penyebab maraknya dampak negatif yang dtitmbulkan dari teknologi komunikasi. Padahal jika ita bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, maka kita akan mendapatkan berbagai macam keuntungan yang dapat membawa kehidupan kita kearah yang lebih positif lagi. Seperti yang dikatakan william Paisley didalam buku teknologi komunikasi yang menyatakan bahwa “ perubahan teknologi telah menempatkan komunikasi pada lini terdepan revolusi sosial”

Saran

Sebagai masyarakat informasi tentunya kita harus dapat memanfatkan kecanggihan tenologi komunikasi dengan baik terutama dalam memenuhi kebutuhan akan informasi, tidak semua informasi yang kita akses melalui telepon genggam dapat dibuktikan kebenarannya, maka dari itu kita harus selektif dalam menerima berbagai macam informasi. Selain itu untuk menjalin sebuah hubungan yang baik, tentu dibutuhkan komunikasi, meskipun melalui telepon genggam kita dapat menghubungi atau berkomunikasi dengan seseorang , namun akan lebih baik lagi jika kita tidak mengurangi intesitas tatap muka kita dengan orang lain.

Daftar Pustaka

• Noegroho, Agoeng. 2010. Teknologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
• Saydam, Gouzali. Teknologi telekomunikasi, perkembangan dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2005.
• Kadir, Abdul & Terra CH Triwahyuni.2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Bagikan Artikel Ini:

One thought on “Sejarah Telepon Genggam Dan Perkembangan Handphone Di Tengah Masyarakat Indonesia, Ini Dampak Pengaruhnya”

  1. Okelah artikel ni sangat bermanfaat dan saya sebagai pecinta teknologi semakin tahu lebih dalam setelah membaca artikel ini

    Kebetulan blog saya pun tentang teknologi dan bisnis

    Makasih mimin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *