Makalah Komunikasi Antar Pribadi Di Era Media Sosial Serta Dampak Positif Dan Negatifnya

Komunikasi antar pribadi di era media sosial
Loading...

Riski Firmanto

Masih dalam tahap menuju Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung

Komunikasi Antar Pribadi Di Era Media Sosial Serta Dampak Positif Dan Negatifnya

ABSTRAK

Di era globalisasi ini perkembangan teknologi mengalami perubahan yang pesat, salah satunya media sosial dan nantinya akan berhubungan dengan komunikasi antar pribadi yang mengakibatkan banyak fenomena yang muncul, dengan perkembangan teknologi yang kian pesat tersebut mau tidak mau harus mengubah perilaku dan pola kehidupan masyarakat kearah yang lebih kompleks. Jika dulu pola kehidupan masyarakat masih bersifat tradisional, lain halnya dengan sekarang, masyarakat dimanjakan oleh berbagai kemudahan yang sudah disediakan oleh perkembangan teknologi yang kian maju seperti media sosial ini.

Baca Juga: Peran Komunikasi Antar Pribadi Dalam Membangun Hubungan Yang Harmoni

Pada hakikatnya manusia adalah mahkluk sosial yang kehidupannya tidak terlepas dari kehadiran orang lain baik dalam melakukan komunikasi antar pribadi ataupun komunikasi yang lainnya. keinginan manusia untuk memiliki hubungan dengan orang lain pada umumnya terjadi saat ia remaja, karena remaja adalah pribadi yang sedang mencari jati diri untuk menuju dewasa. Untuk memudahkan dalam berhubungan dengan orang lain biasanya menggunakan sosial media.

Perkembangan teknologi tentu saja diiringi oleh perkembangan media sosial. Saat ini hampir setiap orang memiliki media sosial, baik tua ataupun muda. Hal tersebut terjadi karena media sosial memberikan kemudahan kepada penggunanya. Seseorang bisa mengakses informasi dimanapun ia berada melalui segenggam handphone, tentunya dengan biaya yang relatif murah. Hal tersebut lebih mudah dibandingkan media-media elektronik lain nya seperti televisi dan radio yang banyak memakan tempat dan biaya.

Loading...

Namun dengan perkembangan media sosial yang semakin pesat seperti sekarang, terkadang malah menimbulkan suatu masalah dalam berkomunikasi. Karena tentu saja media sosial memiliki manfaat dan dampak di kehidupan manusia. Bahkan ada yang mengungkapkan bahwa media sosial itu mendekatkan dan jauh dan menjauhkan yang dekat.

1. Komunikasi Antar Pribadi

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan-pesan, ide-ide, atau gagasan-gagasan, dari komunikator kepada komunikan, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Setiap manusia pasti melakukan komunikasi selama hidupnya, dan yang paling banyak dilakukan adalah komunikasi antar pribadi. Banyak yang mengatakan mengapa komunikasi harus dipelajari, bukankah setiap manusia sudah bisa berkomunikasi bahkan sejak ia lahir.

Pada kenyataannya memang semua manusia bisa berkomunikasi, namun kemampuan komunikasi setiap orang berbeda-beda, tidak semua orang memiliki skill dalam berkomunikasi. Seseorang mempunyai berbagai masalah dan hambatan yang membuat mereka susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup, hal ini merupakan masalah komunikasi antar pribadi dimana seseorang tidak bisa merubah tindakan dan kurangnya keterampilan dalam menjalin komunikasi yang efektif. Tujuan dari komunikasi itu sendiri yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga tercipta kesamaan makna.

Loading...

Baca Juga: Bahasa Sebagai Komunikasi Yang Baik Dalam Pembentukan Karakter Remaja Indonesia

Komunikasi antar pribadi sendiri adalah proses komunikasi antara dua orang atau lebih baik secara langsung (tanpa media) maupun secara tidak langsung (menggunakan media). Kegiatan-kegiatan yang termasuk kedalam komunikasi antar pribadi yaitu percakapan tatap muka, surat menyurat, percakapan melalui telepon ataupun media elektronik lain nya.

Komunikasi antar pribadi tentu saja memiliki tujuan, tujuan-tujuan tersebut antara lain:

  1. Mengenal diri sendiri dan orang lain
    Komunikasi antar pribadi memberikan kita ruang untuk dapat mengenali diri kita sendiri, dan juga belajar bagaimana kita mengenal orang lain sehingga kita dapat menanggapi dan memprediksi tindakan orang lain, selain itu kita juga bisa belajar bagaimana seharusnya kita terbuka kepada orang lain.
  2. Mengetahui dunia luar
    Manusia tidak dapat hidup sendiri, setiap manusia membutuhkan orang lain, hal tersebut yang membuat manusia dikatakan sebagai makhluk sosial atau homo socius. Sebagai makluk sosial kita harus menyesuaikan diri dengan lingkungan, karena nilai, sikap, dan perilaku kita banyak dipengaruhi oleh komunikasi antar pribadi.
  3. Menciptakan dan memelihara hubungan menjadi bermakna
    Komunikasi antar pribadi yang dilakukan seseorang bertujuan untuk memelihara hubungan yang baik dengan orang lain, dengan hubungan yang baik tersebut kita dapat meminimalisir ketegangan sekaligus membuat kita lebih berpikir positip mengenai diri kita sendiri.
  4. Mengubah sikap dan perilaku
    Ketika kita melakukan komunikasi antar pribadi dengan orang lain, secara langsung ataupun tidak kita dapat mengubah atau mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain.
  5. Bermain dan mencari hiburan
    Dalam konteks Komunikasi antar pribadi bukan hanya berhubungan dengan hal-hal yang sifat nya lebih formal, namun dalam sisi ini seseorang juga membutuhkan hiburan untuk mereleksasi otak nya, salah satu sumber hiburan adalah kejadian-kejadian lucu yang terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja bagi kita.
  6. Membantu orang lain
    Komunikasi antar pribadi juga bisa digunakan untuk membantu orang lain, dengan cara memberikan nasehat dan saran kepada teman yang sedang membutuhkan masukan. Contoh profesi yang ada saat ini adalah psikolog, ahli terapi, dan psikiater.

2. Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online yang para pengguna nya bisa dengan mudah membagi ataupun mempublikasikan foto, video, ataupun hal-hal lain nya. Maraknya perkembangan media sosial tentu saja merupakan pengaruh dari perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu.

Perkembangan media sosial ini bukan hanya terjadi di negara-negara maju seperti di benua eropa, di negara berkembang seperti Indonesia pun terjadi, bahkan perkembangan nya tidak kalah pesat dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Perkembangan media sosial yang cukup pesat ini dikarenakan setiap orang bisa memiliki media sosial sendiri tanpa biaya yang mahal.

Loading...

Baca Juga: Makalah Tentang Hubungan Antar Pribadi Dalam Menjalin Relasi Di Masyarakat

Selain itu media sosial mudah digunakan dimana saja tanpa terikat ruang dan waktu, seseorang dapat memantau ataupun mendapatkan informasi hanya dari segenggam gadget yang bisa ia bawa kemanapun ia pergi. Tentu nya hal tersebut sangat memudahkan penggunanya dibandingkan dengan media elektronik lain nya seperti televisi dan radio. Media sosial juga dapat mendukung interaksi sosial meskipun tidak dilakukan secara langsung atau bertatap muka. Dengan media sosial kita bisa mengakses apa saja yang kita butuhkan, seolah-olah batasan antar negara menjadi kabur.

Media sosial juga memiliki ciri-ciri, antara lain:

• Pesan yang di sampaikan dalam media sosial tidak hanya ditujukan untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang atau yang biasa disebut dengan broadcast message
• Pesan yang di sampaikan sifat nya bebas, tanpa harus melalui Gatekeeper
• Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di bandingkan dengan media lainnya
• Penerima pesan yang menentukan kapan ia harus berinteraksi

Dalam perkembangan media sosial yang semakin pesat ini. Media sosial tidak hanya digunakan untuk orang dewasa saja, bahkan pelajar dan anak-anak yang belum cukup umur pun sudah akrab dengan media sosial yang sekarang sedang berkembang seperti Facebook, Twitter, Instagram, Blackberry Messenger, Path, Snapchat, Line, dan media sosial lainnya. Banyak dampak yang ditimbulkan dari penggunanaan media sosial ini,

Dampak positif dan negatif media sosial, Sebagai Berikut:

Dampak Positif

• Untuk mempersatukan saudara, keluarga, dan kerabat yang tersebar. Dengan jajaring sosial kita bisa menemukan orang-orang yang sudah lama tidak kita temui, karena faktor jarak dan waktu. Tentu nya hal tersebut sangat memudahkan.
• Media sosial sebagai penyebaran informasi. Informasi dapat dengan mudah tersebar di media sosial secara cepat. Hal tersebut membuat pengguna nya selalu up to date.
• Memperluas jaringan dalam pertemanan. Dengan menggunakan media sosial kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja baik yang sudah kita kenal atapun yang belum kita kenal dari berbagai penjuru dunia tanpa terikat ruang dan waktu.
• Media sosial sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi. Pengguna dapat belajar bagaimana cara beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Baca Juga: Komunikasi Antar Pribadi Di Era Media Sosial Serta Dampak Baik Buruknya

• Media sosial sebagai media komunikasi, pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna media sosial lainnya di segala penjuru dunia.
• Media sosial sebagai media promosi dalam bisnis. Dengan menggunakan media sosial kita dapat mempromosikan produk yang kita jual tanpa memerlukan biaya yang mahal. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan terutama bagi para pengusaha kecil.

Dampak Negatif

• Sulit berkomunikasi dengan orang sekitar. Kemudahan yang diberikan media sosial membuat sebagian orang malas belajar berkomunikasi secara nyata. Terkadang orang-orang yang aktif di media sosial seperti selalu menggunggah foto pribadi nya, menceritakan kegiatan nya sehari-hari, dan hal-hal yang bersifat publikasi lain nya malah terlihat lebih pasif di dunia nyata. Kemampuan berkomunikasi nya didalam media sosial berbanding terbalik dengan kemampuan berkomunikasi nya di dunia nyata.
• Media sosial akan membuat seseorang mementingkan diri nya sendiri dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar nya. Contoh kecil nya ketika seseorang sedang makan bersama teman nya, ia malah asyik memposting moment tersebut dan tidak memperdulikan teman makannya.
• Melupakan bahasa formal. Dalam menggunakan sosial media seseorang lebih sering menggunakan bahasa infromal dalam kesehariannya, sehingga lama-kelamaan bahasa formal menjadi semakin terkikis bahkan terlupakan.

Baca Juga: 13 Penjelasan Model-model Komunikasi Menurut Para Ahli Lengkap, Cek Disini!


• Mengurangi kinerja. Bagi karyawan perusahaan yang menggunakan sosial media di sela-sela pekerjaan nya akan mengurangi keefektivitasan nya dalam bekerja. Bagi pelajar dan mahasiswa yang menggunakan sosial media secara terus-menerus akan mengurangi waktu belajar mereka.
• Berkurangnya privasi pribadi. Dalam media sosial kita bebas menggunggah apapun yang kita inginkan, terkadang kita tidak sadar menggunggah hal-hal yang bersifat pribadi yang harus nya tidak perlu menjadi konsumsi publik.
• Kejahatan dunia maya. Ada sebagian orang yang menyalahgunakan media sosial untuk meraup keuntungan dengan cara-cara yang tidak halal. Kejahatan tersebut sangat beragam diantaranya carding, hacking, phising, spamming, dan cracking.
• Pornografi. Seseorang bisa dengan bebas mempublikasi dan mengakses apa saja yang diinginkan nya, salah satu nya seperti foto yang tidak seharus nya dikonsumsi oleh publik. Hal tersebut tentu sangat berbahaya, karena bisa jadi foto-foto yang ia posting disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Peran Humas Di Organisasi Pemerintahan Dan Perusahaan Dalam Mengatasi Konflik internal

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial. Sebenarnya dampak tersebut tergantung dari si pengguna nya, bagaimana ia memanfaatkan media sosial yang ia miliki. Jika si pengguna memanfaatkan nya untuk hal-hal yang baik, maka dampak baik juga lah yang ia dapatkan. Namun sebaliknya, jika si pengguna menggunakan media sosial untuk hal-hal yang negatif, maka ia akan mendapatkan dampak yang negatif pula. Agar dapat menggunakan media sosial secara bijaksana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna media sosial, antara lain:
• Tidak menyebarkan hal-hal yang bersifat pribadi
• Tidak menghujat dan menyakiti hati orang lain
• Menggunakan nya secara bijaksana, jangan digunakan secara terus-menerus

3. Komunikasi Antar Pribadi Di Era Media Sosial Dan Dampak Yang Di Timbulkan

Saat ini media sosial sudah menjadi kehidupan kedua bagi sebagian manusia. Kebanyakan manusia menghabiskan waktu nya untuk berkomunikasi melalui media sosial, sebenarnya hal tersebut kurang baik. Karena cara berinteraksi melalui media sosial dengan berkomunikasi secara langsung sangat berbeda. Ketika kita berkomunikasi secara langsung dengan orang lain kita dapat melihat respon dari orang tersebut secara langsung juga.

Berbeda hal nya dengan komunikasi yang dilakukan di media sosial, kita tidak dapat melihat respon ataupun gesture tubuh lawan bicara kita. Tetapi hal tersebut tidak berlaku di semua media sosial, ada beberapa media sosial yang sudah dilengkapi dengan kemampuan video call, seperti Line dan Sykpe. Melalui Line dan Skype kita bisa bertatap muka dengan lawan bicara kita.

Untuk berkomunikasi antar pribadi di media sosial diperlukan beberapa tahapan, salah satu nya adalah keterbukaan diri. Keterbukaan pengguna media sosial menjadi faktor penting dalam melakukan komunikasi, karena melalui keterbukaan itulah muncul ketertarikan pengguna media sosial lain nya dan memutuskan untuk berkomunikasi dengan orang tersebut.

Baca Juga: Pengertian Public Relation Fungsi Kode Etik Dan Tujuannya Dalam Komunikasi

Tetapi dari sekian banyak nya keuntungan dalam berkomunikasi antar pribadi di media sosial, terdapat juga beberapa dampak yang ditimbulkan dalam berkomunikasi antar pribadi di media sosial. Salah satu nya adalah berkurangnya privasi pribadi, tanpa seseorang sadari terkadang ia mempublikasikan hal-hal yang sifatnya pribadi didalam akun media sosialnya.

Selain itu dampak lainnya adalah semakin tingginya sikap individualitas antara manusia, jika seseorang selalu berkomunikasi didalam media sosial secara tidak langsung akan mengurangi intensitas komunikasi nya dalam kehidupan sehari-hari. Malasnya seseorang dalam berkomunikasi secara langsung dikarenakan mereka menganggap berkomunikasi melalui media sosial lebih mudah dan praktis, tetapi mereka tidak sadar bahwa itu kurang efektif.

KESIMPULAN

Dari beberapa penjelasan diatas mengenai hubungan dan dampak media sosial dalam berkomunikasi antar pribadi disebutkan bahwa media sosial telah banyak membawa pengaruh dalam melakukan komunikasi antar pribadi. Meskipun tidak semuanya negatif. Tetapi hal tersebut akan semakin mengkhawatirkan apabila pola masyarakat dalam menggunakan media sosial tidak segera diubah.

Sebenarnya dampak tersebut tergantung dari si pengguna nya, bagaimana ia memanfaatkan media sosial yang ia miliki. Jika si pengguna memanfaatkan nya untuk hal-hal yang baik, maka dampak baik juga lah yang ia dapatkan. Namun sebaliknya, jika si pengguna menggunakan media sosial untuk hal-hal yang negatif, maka ia akan mendapatkan dampak yang negatif pula. Sebagian masyarakat masih menggunakan media sosial untuk hal-hal yang kurang penting. Padahal jika digunakan secara bijaksana, media sosial akan membawa kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik.


Dengan hal yang demikian, seharusnya pengguna media sosial bisa memanfaatkan kemajuan media sosial untuk mengefektivitaskan komunikasi antar pribadi nya, sehingga tidak akan terdengar lagi idiom yang menyebutkan bahwa media sosial itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

DAFTAR PUSTAKA

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/21124/3/Chapter%20II.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
https://www.academia.edu/5498450/KOMUNIKASI_ANTAR_PRIBADI
http://panc-fikomers.tumblr.com/post/26156926336/new-media-dan-komunikasi-antar-manusia

Bagikan Artikel Ini:

One thought on “Makalah Komunikasi Antar Pribadi Di Era Media Sosial Serta Dampak Positif Dan Negatifnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *