Peran Komunikasi Antar Pribadi Dalam Membangun Hubungan Yang Harmoni

peran komunikasi antar pribadi dalam hubungan
Loading...

Riski Firmanto

Masih dalam tahap menuju Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung

MATERI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MEMBANGUN HARMONI KELOMPOK

Pengertian Komunikasi

Komunikasi Secara Istilah bahasa inggris communication berasal dari kata Latin communication, dan bersumber dari kata communis yang artinya sama. Samadisini dimaksudkan adalah sama makna. Jadi komunikasi dapat terjadi apabila terdapat kesamaan makna mengenai suatu pesan yang disampaikan oleh komunikator dan diterima oleh komunikan (Effendy, 2000:9).

(Effendy, 2000:9)

Menurut Goyer komunikasi adalah berbagai pengalaman, dapat diamati sebagai penelitian dimana respon penggerak dan penerima berhubungan secara sistematis untuk referensi stimulus (dalam Ardiyanto, 2007:19). Dalam pengertian ini komunikasi memberikan individu-individu untuk memahami dan merespon apa yang disampaikan, jika penyampaian dipahami dan dimengerti, maka komunikasi berjalan dengan baik.

Carl I. Hovland mendefenisikan komunikasi sebagai suatu proses dimana seseorang memindahkan perangsang yang biasanya berupa lambang kata-kata untuk mengubah tingkah laku orang lain (dalam Widjaja, 2000:26-27).

Baca Juga: Komunikasi Antar Pribadi Di Era Media Sosial Serta Dampak Baik Buruknya

Adapun pengertian komunikasi yang lain menurut Rogers bersama D. Lawrance Kincaid, 1981 mendefenisikan komunikasi sebagai suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saat saling pengertian yang mendalam (dalam Cangara, 2006:19).

Loading...

Jadi, komunikasi adalah persamaan pendapat dan untuk kepentingan itu maka orang harus mempengaruhi orang lain dahulu sebelum orang lain itu berpendapat, bersikap dan bertingkah laku yang sama dengan kita.

Pengertian Komunikasi Antar Pribadi

Komunikasi Antar Pribadi merupakan suatu proses sosial dimana orang-orang yang terlibat di dalamnya saling mempengaruhi. Sebagaimana yang diungkapkan oleh De Vito (dalam Liliweri, 1997:12) bahwa, Komunikasi Antar Pribadi merupakan pengiriman pesan-pesan dari seseorang dan diterima oleh orang lain atau sekelompok orang dengan efek dan umpan balik yang langsung.

Pengertian Harmonis

Harmoni (dalam bahasa Yunani: harmonia, berarti terikat secara serasi/sesuai). Dalam bidang filsafat, harmoni adalah kerja sama antara berbagai faktor dengan sedemikian rupa hingga faktor-faktor tersebut dapat menghasilkan suatu kesatuan yang luhur.Sedangkan menurut chales harmonis adalah terpadunya 2 unsur atau lebih di dalam kehidupan seseorang sering atau bahkan selalu ingin menginginkan adanya suatu keharmonisan baik di dalam sebuah keluarga ataupun juga pada aktifitas mereka.

Harmoni

Peranan Komunikasi Antar Pribadi Dalam Membangun Harmoni Kelompok

Komunikasi selalu digunakan dan mempunyai peran yang penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Komunikasi adalah hubungan dari suatu kontak baik komunikasi verbal atau komunikasi non verbal  antara manusia baik individu maupun sebuah kelompok. Setiap saat manusia berpikir, bertindak dan belajar menggunakan komunikasi. Kegiatan komunikasi dilakukan dalam berbagai macam situasi, yaitu intra pribadi, Antar Pribadi, kelompok dan massa. Hal ini dapat diartikan bahwa komunikasi dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Manusia sejak dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya.

Loading...

Baca Juga: Bahasa Sebagai Komunikasi Yang Baik Dalam Pembentukan Karakter Remaja Indonesia

Selain itu komunikasi diartikan pula sebagai hubungan atau kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan masalah hubungan atau dapat diartikan bahwa komunikasi adalah saling menukar pikiran atau pendapat. Komunikasi merupakan dasar dari seluruh interaksi manusia. Karena tanpa komunikasi, interaksi antarmanusia baik secara perorangan, kelompok, maupun organisasi tidak mungkin terjadi. Sebagian besar kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berlangsung dalam situasi atau tingkatan Komunikasi Antar Pribadi.

Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan bersosial dalam kehidupan bermasyarakat, karena jika tidak berkomunikasi maka 2 kemungkinan untuk perbedaan makna dan kesalah pahaman dalam bermasyarakat akan sangat besar. Melalui komunikasi orang dapat mempengaruhi dan merubah sikap orang lain membentuk suatu konsensus, mengambil keputusan melanjutkan atau mengakhiri kehidupan sebagai anggota kelompok.

Baca Juga: Makalah Tentang Hubungan Antar Pribadi Dalam Menjalin Relasi Di Masyarakat

Komunikasi Antar Pribadi merupakan suatu proses yang sangat unik, artinya tidak seperti kegiatan lainnya. Selain itu, Komunikasi Antar Pribadi juga menuntut adanya tindakan saling memberi dan menerima di antara pelaku yang terlibat komunikasi. Sehingga hal ini menyebabkan adanya pertukaran komunikasi yang populer disebut menjadi sebuah proses transaksional. Tingkatan dari sebuah Komunikasi Antar Pribadi mampu kita temui dalam suatu konteks kehidupan dua orang, kelompok, keluarga bahkan sebuah organisasi.

Loading...

Komunikasi Antar Pribadi mempunyai banyak manfaat. Melalui Komunikasi Antar Pribadi seorang individu dapat mengenal diri sendiri dan orang lain, menjalin hubungan yang lebih bermakna atau menjalin persahabatan, membantu menyelesaikan persoalan yang dialami oleh individu yang lain dan dapat mengubah nilai-nilai dan sikap hidup orang lain. Komunikasi Antar Pribadi menjadi penting karna dalam ini menjadi suatu hal paling efektif dari sebuah upaya mengubah sikap, pendapat seseorang, perilaku, karena sifatnya dialogis, berupa percakapan.

Menurut Devito (1997: 252) Komunikasi Antar Pribadi merupakan penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera.. Ini berarti membangun sebuah hubungan dengan orang lain merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Bisa dibayangkan bagaimana hidup tanpa teman, keluarga dan kekasih. Semuanya merupakan hal penting dalam kehidupan dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap diri seorang individu.

Baca Juga: Analisis Media Sosial, Penggunaan Instastory Sebagai Media Curhatan Remaja Indonesia

Terkadang seseorang mencari teman untuk dukungan emosional, ingin berbagi hal-hal yang menyenangkan atau saat membutuhkan masukan bagi masalah yang sedang dihadapi. Kebutuhan akan keberadaan orang lain melalui hubungan-hubungan mutlak diperlukan. Hubungan Antar Pribadi terwujud karna adanya Komunikasi Antar Pribadi, artinya hubungan Antar Pribadi merupakan hasil yang terjadi dari sebuah interaksi Komunikasi Antar Pribadi.

Semakin bagus kita melakukan pendekatan Komunikasi Antar Pribadi, artinya akan meningkatkan hubungan yang terjadi pada hubungan Antar Pribadi dari prilaku komunikasi tersebut. Namun demikian setiap hubungan memiliki keunikannya masing-masing karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Prinsip-prinsip yang bisa diterapkan pada suatu hubungan, belum tentu tepat digunakan pada hubungan yang lain.

HUBUNGAN ANTAR PRIBADI

Para ahli komunikasi mendefinisikan Komunikasi Antar Pribadi secara berbeda-beda. Joseph DeVito (1997) melihat Komunikasi Antar Pribadi dari 3 sisi berbeda :

 (1) berdasarkan komponen dimana Komunikasi Antar Pribadi diartikan sebagai komunikasi dari satu orang kepada orang lain atau sekelompok kecil orang dengan berbagai dampaknya dan peluang untuk memberikan umpan balik segera,

(2) berdasarkan hubungan diadik dimana Komunikasi Antar Pribadi diartikan sebagai komunikasi yang berlangsung antara dua orang yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas,

(3) berdasarkan pengembangan, Komunikasi Antar Pribadi dilihat sebagai akhir perkembangan dari komunikasi yang bersifat tak pribadi (impersonal) pada satu ekstrim menjadi komunikasi yang intim pada ekstrim yang lain.

Baca Juga: Macam-macam Dan Bahaya Kekerasan Dalam Media

Beebe (2005) mengungkapkan bahwa hubungan Antar Pribadi merupakan hubungan yang terbangun antara dua orang sebagai hasil dari Komunikasi Antar Pribadi. Hubungan Antar Pribadi seperti layaknya Komunikasi Antar Pribadi bersifat transaksional dimana setiap individu yang terlibat saling mempengaruhi satu dengan lainnya.

Terkait dengan hal ini maka hubungan Antar Pribadi dimaknai sebagai suatu sistem sekaligus proses. Hubungan Antar Pribadi sebagai suatu sistem dimana perubahan yang terjadi pada satu elemen dalam hubungan akan berpengaruh pada elemen lainnya. Semakin bergantung satu dengan yang lain, maka semakin besarlah pengaruh yang dirasakan bila terjadi perubahan pada satu elemen. Sebagai sebuah proses, hubungan Antar Pribadi disebutkan terus berubah, berkembang dan dinamis. Perubahan yang terjadi mungkin tidaklah besar, namun sebagai bagian dari hubungan, individu pasti juga mengalami perubahan.

Baca Juga: Makalah Etika Kehumasan: Kode Etik Humas Pada Pemerintah Kota Jambi

Sebuah hubungan ada dari waktu ke waktu yang berarti tercipta sejarah bersama yang menjadi bagian dari hubungan dan mempengaruhi interaksi. Sebuah hubungan bisa tercipta oleh karena keadaan ataupun karena pilihan. Hubungan karena keadaan berarti seorang individu tidak bisa memilih namun murni karena kehidupannya bersinggungan dengan hidup orang lain dalam beberapa kesempatan (Beebe, 2005), misalnya hubungan dengan anggota keluarga, guru, teman sekelas dan rekan kerja.

Sementara hubungan berdasarkan pilihan adalah hubungan yang dicari atau dengan sengaja dibangun antara lain dengan sahabat, kekasih, dan suami / istri. Namun demikian penggolongan ini tidaklah mutlak. Hubungan karena keadaan pun bisa saja menjadi hubungan karena pilihan, misalnya saudara laki-laki  juga bisa menjadi teman baik. Seorang individu pun bertindak dan berkomunikasi secara berbeda pada dua tipe hubungan di atas, komunikasi yang sama pada jenis hubungan yang berbeda pun bisa menghasilkan efek yang berbeda, misalnya ketika seorang individu bertindak tidak menyenangkan, sahabatnya mungkin akan menjauhi atau memutuskan hubungan, namun keluarga akan tetap menjadi keluarga walaupun tindakan tersebut membuat anggota keluarga tidak terlalu menyukainya.

Salah satu aspek paling signifikan dari sebuah hubungan adalah tingkat keintiman. Beberapa kualitas yang seringkali identik dengan keintiman adalah : kedekatan, berbagi perasaan dan pemikiran paling pribadi, ikatan emosional, dukungan tanpa syarat, keterbukaan dan kejujuran, rasa sayang dan kehangatan, saling menghargai dan rasa percaya. Sebuah hubungan yang intim juga memberikan informasi mengenai diri sendiri dan meningkatkan rasa percaya diri. Semakin intim sebuah hubungan yang terjadi mengakibatkan semakin menjadikan seorang individu tergantung pada yang orang lain dalam penerimaan serta pembentukan citra diri.

Baca Juga: Pengertian Hard News Beserta Contohnya Dalam Dasar-dasar Jurnalistik Ilmu Komunikasi

Hubungan yang intim bisa terbangun diawali dengan tumbuhnya daya tarik Antar Pribadi (interpersonal attraction) yang bisa diterjemahkan sebagai derajat seorang individu ingin membentuk, membangun dan membina sebuah hubungan kelompok, atau bahkan hubungan keluarga. Daya tarik berada pada tahap awal pembangunan sebuah hubungan, namun daya tarik bisa bersifat jangka pendek maupun dibina untuk jangka panjang. Beberapa elemen yang mempengaruhi timbulnya rasa tertarik :

(1) daya tarik fisik,

(2) kredibilitas, kompetensi dan karisma,

(3) kedekatan,

(4) kesamaan,

(5) pelengkap kebutuhan pribadi pun selalu berubah dan tidak tetap.

Hubungan yang mulanya baik bisa saja berakhir dengan penuh masalah atau sebaliknya. Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi pun turut menentukan bagaimana sebuah hubungan bisa bertahan atau tidak.

PENUTUP

Hubungan Antar Pribadi adalah hasil dari Komunikasi Antar Pribadi yang dilakukan individu dengan individu lain. Hubungan Antar Pribadi merupakan sebuah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan bisa dilihat sebagai suatu sistem maupun suatu proses. Setiap jenis dari suatu hubungan pastinya mempunyai karakteristik yang berbeda dari hubungan tersebut, begitu juga yang terjadi pada bentuk Komunikasi Antar Pribadi di dalamnya. Membangun hubungan Antar Pribadi pastinya mutlak akan terjadi pada kehidupan manusia, karena ternyata hubungan Antar Pribadi memiliki sejumlah manfaat, antara lain mendapatkan rangsangan, mendapatkan pengetahuan diri, mengurangi kesepian, dan meminimalkan penderitaan serta memaksimalkan kesenangan.

Dengan membina hubungan, seorang individu dapat berbagi banyak hal termasuk yang paling pribadi, melakukan kegiatan bersama, mendapatkan dukungan emosional dan bahkan masukan saat menghadapi masalah. Komunikasi menjadi nyawa dalam sebuah hubungan. Komunikasi yang baik serta efektif pastinya suatu saat akan menciptakan hubungan Antar Pribadi yang juga baik dan efektif. Komunikasi pun menjadi kunci apakah sebuah hubungan bisa dibangun dan dipertahankan atau justru menjadi retak dan berakhir dengan perpisahan. Terdapat beberapa strategi yang bisa digunakan untuk memelihara sebuah hubungan, dan di sisi lain juga untuk mengakhiri sebuah hubungan. Namun yang terpenting, kemampuan Komunikasi Antar Pribadi memegang peranan sangat penting dalam membina suatu hubungan yang efektif dan memuaskan.

DAFTAR PUSTAKA

  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29622/3/Chapter%20II.pdf
  • digilib.unila.ac.id/7481/13/BAB%20I.pd
  • DeVito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Jakarta : Professional Books, 2013.
  • Floyd, Kory. 2011. Interpersonal Communication 2nd Ed. New York:

            McGraw-Hil http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/modeling/article/download/732/497

Bagikan Artikel Ini:

4 thoughts on “Peran Komunikasi Antar Pribadi Dalam Membangun Hubungan Yang Harmoni”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *