Kenapa Mahasiswa Gemar Copy Paste Di Internet? Ini Alasannya

alasan mahasiswa copy paste di internet
Loading...

Riski Firmanto

Masih dalam tahap menuju Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung

ALASAN MAHASISWA/i COPY DAN PASTE TUGAS DI INTERNET, MENGAPA?

Penulis : Chaerani Agustin, President University, Cikarang, Jababeka, Indonesia
Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Public Relations
E-mail : chaerani98@gmail.com

ABSTRAK

Dalam era digital tentu saja telah dalam bentuk digital, sehingga memudahkan semua kebutuhan mahasiswa/I di masing – masing perkuliahan tanpa dengan mengeluarkan dana sepeserpun untuk membaca seluruh materi yang telah tersedia di setiap platform media.
Diantara kalangan mahasiswa/I dunia perkuliahan sering dianggap membosankan, disebabkan oleh beberapa factor yang mempengaruhinya, seperti contoh yang sangat mendasar dikarenakan karena malas membaca dan menulis panjang, sehingga terjadi untuk secara diam – diam mencantumkan jawaban tersebut dari karya oranglain tanpa melakukan paraphrase terlebih dahulu atau melakukan tindakan copy paste di internet untuk kebutuhan tugasnya. Nah, sangat disayangkan sekali jika budaya copy dan paste masih berjalan dengan lancar secara tidak langsung akan membuat keterlambatan karir setiap mahasiswa/I dalam dunia perkuliahan dan ketika telah graduate.

Kata Kunci : Era Digital, Alasan Copy dan Paste Internet, Perkuliahan

Loading...

APA ARTI PLAGIARISM?

Menurut dalam kamus bahasa inggris Cambridge, bahwa, plagiarism / plagiarize (UK). Yang mengartikan menggunakan ide tanpa melakukan paraphrase dengan pemikiran sendiri (own mind). Sehingga sama dengan menyalin karya oranglain tanpa memberikan sumber informasi pertama (orisinalitas). Atau mengulang memproduseri sebuah data yang sudah dicantumkan oleh penulis pertama, tanpa merombak dari isi data yang akan digunakan oleh pengguna lain, sebab, akan menyebabkan kesalahan fatal ketika terlalu banyak melakukan hal buruk sedemikian rupa, akan ada masanya ketika selalu melakukan plagiarism/plagiarize semakin penuh karir muda yang malas untuk berpikir panjang dan membuat orisinalitas karya masing – masing.

Source : https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/plagiarize

Fungsi menulis essay di dunia perkuliahan dengan menggunakan hak orisinalitas individu

Menulis essay dalam kalangan perkuliahan akan memberikan manfaat yang sangat penting bagi karir mahasiswa/I perkuliahan dimasa-depan mereka, sehingga dengan adanya berlatih menulis essay setiap harinya akan terbentuk olah pikiran mereka untuk menggunakan ide kreatif tanpa harus melakukan copy paste dari internet, bayangkan saja, ketika semua karya hanya sebatas copy paste di internet, tidak akan berkembang lebih indah pemikiran kalangan mahasiswa semua hanya ingin zona nyaman dan tidak menggunakan banyak waktu, akan lebih baik diantara mereka kalangan mahasiswa/I untuk membangun budaya membaca dan menulis dengan kepercayaan diri mereka, tanpa melakukan copy dan paste internet semua akan mampu.

Loading...

Baca juga: Gerakan Generasi Milennial Indonesia Dalam Memberantas Hoax

Kegunaan penggunaan menulis essay didunia perkuliahan bisa dijadikan keabadian moment untuk melatih hingga saatnya menyusun skripsi. Ya, penulis sendiri memiliki rasa kebosanan dalam dunia kepenulisan, tetapi kebosanan itu tidak seenaknya menempel didalam diri penulis, akan ada caranya masing – masing memberikan rasa kenikmatan pada saat akan memulai mencari ide untuk menulis, tidak hanya satu atau dua orang yang cinta menulis, tetapi sangat langka dan hanya dapat dihitung oleh jari tangan, sangat miris dunia menulis dan membaca di Indonesia. Essay kesempatan emas bagi mereka yang suka untuk melakukan research sesuatu dan melatih mengolah ide yang berada dihadapan mereka.

Ketika mahasiswa di dunia perkuliahan hanya dalam sekedar melakukan penyalinan data illegal setiap harinya, maka akan sia – sia mengikuti perkuliahan dengan dana persemester nya sangat mahal. Lebih baik menggunakan untuk melakukan entrepreneur mereka yang bisa berkembang dengan sesuai kepercayaan masing – masing, tidak ada yang semua melalui proses instant dari apa yang akan mereka guna.

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan? Ini 11 Alasan Terlengkap Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi


Awal mula mahasiswa/I dalam membentuk konsep penulisan essay/ skripsi, akan menimbulkan rasa kebosanan dan atau kebingungan diantaranya, tidak tahu mau menuliskan apa, tidak tahu apa saja yang harus dilakukan dalam tulisan, tidak tahu apa maksud dan tujuan yang akan dituliskan, tidak tahu kegunaan dalam menulis sebuah karya orisinalitas, tidak mau tahu lebih dalam tentang dunia kepenulisan, atau hanya sekedar tugas kuliah selesai dan mendapatkan nilai lalu selesai, bisa jadi kemungkinan besar yang terjadi agar terlihat anak pintar karena tulisan yang dicantumkan perfectionist tetapi bukan karya orisinalitas sendiri, tidak banyak dosen mengetahui apakah tulisan karya mahasiswanya orisinal atau hasil dari internet ? apalagi ketika menggunakan hardcopy tidak bisa dimasukan kedalam system turnitin/ website pengecekan orisinalitas dari karya penulis mahasiswanya sendiri. Akan sangat disayangkan dan membuang kertas dan uang jika mahasiswa tersebut melakukan print tugas di tempat fotokopian/warnet.

Loading...

Baca Juga: Analisis Media Sosial, Penggunaan Instastory Sebagai Media Curhatan Remaja Indonesia

Ketika kedalam ide kreatif itu hanya sebatas salinan karya oranglain bukan dari orisinalitas diri setiap mahasiswa/I sangat membuat malu dunia, jika hasil bagus tetapi tidak menggunakan pemikiran sendiri ( orisinalitas karya), banyak cara untuk membangkitkan berlatih menulis dan menuangkan ide mereka yang secara automatis untuk memberikan dirinya kepercayaan diri untuk menentukan karir apa yang akan dia laksanakan.

Hasil Survey Pendapat mahasiswa melakukan copy dan paste tugas di internet :

Menurut aku kegunaan internet di kehidupan sehari-hari terutama di kehidupan kampus cukup penting yahh.. tingkat kepentingan nya kalo bisa dipersentaein mungkin sebesar 70%… kenapa 70%? Karena 30% nya lagi adalah tugas kita sebagai mahasiswa untuk memberi tambahan dan melengkapi dari apa yang kita dapatkan dari internet dengan pendapat kita sendiri.. karena gak bisa dipungkiri mahasiswa juga dituntut untuk kritis.. berhubungan dengan tugas kuliah, internet juga memegang peran dalam hal ini.. tapi gak sepenuh nya, karena referensi itu gak sepenuhnya ada di internet.. kalo aku sendiri sih gak terlalu mengandalkan internet untuk menjadi sumber referensi aku.. aku lebih baik bertanya ke kaka tingkat atau teman yang paham dengan tugas tersebut dan bekerja sama, daripada harus mengandalkan internet.. karena dengan seperti itu originalitas kita tetap terjaga.. bahwa benar tugas itu hasil karya kita sendiri.. jika seluruh tugas yang diberikan sama dosen itu sepenuhnya diambil dari internet, itu namanya plagiat, jika plagiat, namanya kita tidak jujur.. apalagi sumber-sumber di internet gak semua nya bisa dipercaya.. kemudian dampak? Dampak nya jika generasi kita terbiasa dengan plagiarisme? Bagaimana caranya kita tanamkan kejujuran?.

Internet sangat berguna untuk mencari referensi tugas.. untuk memberikan ide dan inspirasi saat nugas.. Kalau itu cuma copas tanpa ditambahkan karya sendiri dan tidak dicantumkan ke referensi rasanya karya tersebut tidaklah orisinil dan jadi tidak terlalu dihargai.. dan kalau dibiasakan malah jadi tersendat dan tidak punya kreativitas..

internet membantu banget buat anak sekolah. gak hanya anak kuliahan tpi anak sd, smp, sma jga.. karna sekarang pendidikan sudah berkembang banget, yah pst lah copy paste adaa adaa aja.. karna itu mempermudah sih biar kita ga ketik lagi tugasnya cmn copy paste aja.. meskipun kebiasaan ini harus dikurangin sih karna mendidik anak bangsa jadi malas.

Baca Juga: Komunikasi Antar Pribadi Di Era Media Sosial Serta Dampak Baik Buruknya

Berdasarkan pendapat dari hasil survey mahasiswa terpilih secara random, ada alasan yang membuat mereka melakukan copy dan paste untuk keperluan tugas kuliah masing-masing, sehingga tidak semuanya menggunakan copy dan paste untuk kepentingan pribadi, adapula untuk menambahkan informasi bagi mereka, dan juga bukan hanya dikalangan mahasiswa, tetapi di kalangan masa usia TK, SD, SMP, SMA dan sederajat untuk menambahkan data informasi secara general sehingga kegunaan utama internet banyak sekali untuk dipakai, tetapi sebaiknya hanya untuk sebagai referensi saat menulis, dengan memilah – milah semua data yang didapatkannya.

Untuk mengulas pendapat nomor 1 (satu) mahasiswi ini memberikan pendapatnya bahwa persentase terhadap kegunaan internet bagi dirinya sangat berpengaruh besar, dengan mencapai 70% dan terlihat memang sangat besar kegunaan internet bagi dirinya dan kalangan mahasiswa/I, dan untuk 30% tugas yang diberikan oleh dosen atau setiap kampus dan sekolah bisa dikatakan sangat berpengaruh hebat untuk membuat pemikiran mereka secara kritis dan automatis dengan menggunakan pemikiran mereka secara antusiasme. Penulis sangat tertarik dengan pendapat nomor satu karena dengan begitu ada perhitungan persentase yang mungkin dapat mengubah system kemalasan dari penggunaan internet untuk melakukan copy dan paste, sehingga dengan adanya perhitungan lebih dalam, bisa mengurangi system copy dan paste secara tepat dan benar, dengan cara yang digunakan mereka untuk menambah koneksi dan referensi.


Banyak alasan klasik yang mungkin dampak nya menjadikan mahasiswa dan mahasiswi untuk melakukan copy dan paste sebagai guna mempercepat penyelesaian tugas yang diberikan oleh dosen, tanpa dengan capai berpikir, dan menulis lama – lama. Dengan alasan ini, maka akan menimbulkan peran tidak aman bagi kalangan mahasiswa dan mahasiswi terlalu nyaman di zona copy dan paste, karena candu dengan menggunakan system teknologi yang sudah sangat mahir.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Paling Khas Mahasiswa Ilmu Komunikasi


Dan, mengulas pendapat nomor 2 (dua) mahasiswi ini memiliki pemikiran yang identik untuk kedepannya melakukan menambahkan referensi kedua sebagai penambah dan memancing ide kreatif yang dipakai, sehingga, banyak diantara mahasiswa dan mahasiswi memilih lebih menggunakan karya oranglain tanpa menggunakan ide kreatif, sebenarnya, diperbolehkan menggunakan data internet, tetapi menambahkan dengan ide kreatif sendiri, dan melakukan paraphrase untuk tetap menjaga keamanan dari orisinalitas, dan dunia perkuliahan semakin maju dengan kebudayaan menggunakan data yang orisinalitas.


Setelah itu, penulis melakukan survey secara random dan mendapatkan 3 respondent ( fast respons), dari pendapat nomor 3 (tiga) mahasiswi tersebut memberikan opininya terhadap permasalahan dengan dunia copy dan paste dalam dunia perkuliahan, alasan berikut mengatakan

‘’yah pasti lah copy paste ada ada aja.. karna itu mempermudah sih biar kita gak ketik lagi tugasnya cmn copy paste aja.. meskipun kebiasaan ini harus dikurangin sih karna mendidik anak bangsa jadi malas’’

tetapi dengan adanya budaya copy paste maka akan semakin kuat pertambahan kasus anak bangsa menjadi malas untuk menuangkan kreatifitasnya sendiri. Walaupun dengan demikian, internet akan banyak memberikan dampak baik jika tergantung kedalam budaya anak bangsa untuk rajin mengolah ide kreatif tidak hanya melakukan block, copy, dan paste didalam karya tulisnya, jika ingin mencantumkannya berikan nama penulis dari jurnal, atau website orisinalitas agar bisa diberikan pertanggungjawaban ketika ditanya oleh dosen.


‘’Jadi, pesan penulis untuk kalangan mahasiswa dan mahasiswi gunakan internet sedemikian rupa untuk membangun budaya rajin membaca dan menulis dengan kreatifitas sendiri, hindari budaya copy dan paste, ingat kepercayaan diri dimulai dari dalam diri sendiri, budayakan nilai bagus dengan hasil keringat sendiri, bukan keringat oranglain. Semangat . ‘’

Bagikan Artikel Ini:

8 thoughts on “Kenapa Mahasiswa Gemar Copy Paste Di Internet? Ini Alasannya”

  1. Kalau menurut saya sih alasan paling utama adalah mudah ya,tinggal salin,edit selesai beda dengan yang harus mengarang,ngetik sendiri,tentu butuh perjuangan,tapi dibalik itu terdapat mskna tersendiri tentang arti sebuah tulisan,he-he

  2. hehe, iya pasti setiap mahasiswa memiliki alasan tersendiri, apakah ingin menggunakan ide sendiri (pure), atau combine dari karya oranglain, tapi sebaiknya lebih membuat acuan tersendiri untuk membangun tulisan dari ide pemikiran sendiri, karena akan merasakan (fair) dari hasil dan keringat sendiri.

    1. Betul sekali, menulis ada seni nya
      Bisa membuat kita lebih percaya diri untuk explorasi diri
      Semangatt buat kakak2 disana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *