Pengertian Hard News Beserta Contohnya Dalam Dasar-dasar Jurnalistik Ilmu Komunikasi

Loading...

Riski Firmanto

Masih dalam tahap menuju Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung

Sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Pastinya kalian akan dipertemukan dengan mata kuliah dasar-dasar jurnalistik. Salah satu yang dibahas dari mata kuliah jurnalistik adalah sebuah berita. Dalam berita, kita akan menemukan macam-macam berita, misalnya seperti berita hard news, soft news, feature, opini dan lain sebagainya. Namun dalam pembahasan kali ini, mengambil topik mengenai pengertian hard news, ciri-ciri hard news , dan pastinya dilengkapi Sebuah contoh berita. Untuk memudahkan kalian dalam mengerjakan sebuah tugas dari dosen ataupun hanya sekedar ingin tahu.

Menurut Morissan, 2008 : 25 — Hard news adalah segala informasi penting atau menarik yang harus segera disiarkan oleh media penyiaran karena sifatnya yang harus segera ditayangkan agar dapat diketahui khalayak audien secepatnya.

Hard news merupakan informasi terbaru atau berita yang sangat penting dan harus disampaikan langsung ke publik tanpa di tunda-tunda, itu semua karena berita jenis akan cepat basi. Kadang kita temukan di media online, penulisan berita seperti ini terkenal dengan penyebutan breaking news, spot news, atau straight news. Breaking news, spot news dan straight news, bulletin, Headline News, termasuk dalam hard news.

Loading...
Baca Juga : ( Mau Jadi Jurnalis? Ini Kelebihan dan Kekurangan Profesinya )

Penulis disini akan mencoba memberikan ringkasan ciri-ciri khas dari sebuah berita jenis Hard news, yakni sebagai berikut :

1. Aktualitas

Yang Pertama adalah Mementingkan aktualitas. Definisi dari aktual adalah sedang menjadi pembicaraan orang banyak atau peristiwa yang baru saja terjadi. Contoh nya seperti ada nya Tsunami, Longsor, Tabrakan dll

2. Sistem Piramida Terbalik

Yang Kedua berita ini selalu menggunakan sistem piramida terbalik dalam penulisan berita. Artikel berbentuk berita ini memiliki struktur yang sangat unik, hal itu karena inti informasi ditulis pada alinea pertama atau awal ( yang disebut sebagai “lead”) dan data-data penting lainnya menyusul pada alinea-alinea yang menjadikan berita itu lengkap, lalu penjelasan tambahan, dan diakhiri dengan informasi lain yang bukan bersifat informasi utama, atau hanya sekedar pemberitahuan.

Loading...

3. Memiliki Komponen 5 W + 1 H

Yang ketiga dalam berita jenis ini terlihat dari kelengakapan dari isi beritanya. Lengkapnya sebuah hard news, bisa kita ukur atau terpenuhi apabila pemakaian 5W + 1H sudah diterapkan. 5W+1H adalah unsur berita dan harus ada. 5 W + 1 Itu adalah Who, what, where, when, why, dan how.

4. Bersifat Terbaru

Yang Keempat berita ini bertujuan untuk memberi informasi terbaru dan terpercaya. Sebagai salah satu tugas jurnalis, menjadi jembatan informasi bagi para pembaca yang tidak tahu menjadi tahu keadaan yang sedang terjadi di sekitarnya.

5. Kurang Lebih 200-300 Kata Perberita Hard News

Dan yang terakhir, Panjang dari hard news sekitar kisaran 100-200 kata. Tidak perlu panjang-panjang karena fungsinya memberi info yang aktual dan memenuhi unsur 5W+1H.

Loading...

Contoh Hard News

Ini merupakan contoh berita dari Hard News.

RIVAL.co.id – BANDAR LAMPUNG, Masyarakat di kawasan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, dilanda kepanikan pada Sabtu malam, 22/12/2018. Pasalnya beredar kabar air laut naik cukup tinggi hingga ke permukiman. Bahkan ada isu yang beredar telah terjadi tsunami.

Kabid Diseminasi Informasi Dinas Kominfotik Lampung Selatan Aidil Adrian membenarkan adanya kepanikan warga tersebut.

“Iya benar, warga kawasan pesisir pantai Kalianda dan Rajabasa, saat ini panik. Mereka mendengar kabar ada air naik, bahkan ada yang mengisukan tsunami,” kata Aidil dikutip dari Duajurai.co

Seperti Informasi yang didapatkan sementara ini air laut memang cukup tinggi di kawasan pesisir pantai Kalianda dan Rajabasa. Beberapa warga sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi akibat mendengar kabar tersebut

Saat ini tim media rival tengah mencoba mencari informasi yang lebih jelas.(**)

Semoga informasi dari hard news yang di pelajari pada dasar-dasar jurnalistik komunikasi bermanfaat untuk kebutuhan kalian. Silahkan baca materi ilmu komunikasi lainnya di Portal Website Jurnal Rival. Salam Komunikasi

Sumber : https://rival.co.id/2018/768/warga-panik-gara-gara-isu-tsunami-di-kalianda-sebagain-mengungsi-ketempat-lebih-tinggi/

Bagikan Artikel Ini:

4 thoughts on “Pengertian Hard News Beserta Contohnya Dalam Dasar-dasar Jurnalistik Ilmu Komunikasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *